Pemprov NTT Apresiasi Pengurus KONI NTT Yang Selamatkan Korban TPPO Asal Malaka - Baomong.ID

Pemprov NTT Apresiasi Pengurus KONI NTT Yang Selamatkan Korban TPPO Asal Malaka

Pemprov NTT Apresiasi Pengurus KONI NTT Yang Selamatkan Korban TPPO Asal Malaka

Kupang,LikuraiOnline.id--Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mengapresiasi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) NTT yang telah menyelamatkan Dolviana Nahak(27) warga masyarakat asal Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur(NTT) yang diduga menjadi korban tindak perdagangan orang (TPPO).

Demikian disampaikan Penjabat(Pj) Gubernur NTT, Dr. Andriko Noto Susanto, S.P, M.P saat jumpa pers terkait persiapan Provinsi NTT menjadi Tuan Rumah PON XXII 2028 dan Persoalan TKI di NTT yang berlangsung di Lantai II Kantor Gubernur NTT pada 25 September 2024.

Dr. Andriko menjelaskan bahwa, Dolviana Nahak menjadi korban Tindak Pidana Perdagangan Orang(TPPO) dan diloloskan oleh Ketua Umum(Ketum) KONI NTT, Josef Nae Soi yang juga mantan Gubernur NTT periode 2019-2024 itu.

“Kamj dari pemerintah Provinsi(Pemprov) NTT memberikan apresiasi dan menyampaikan apresiasi kepada bapak Josef Nae Soi yang sudah berhasil kembalikan salah satu korban TPPO dari Kabupaten Malaka” Ujar Penjabat(Pj) Gubernur NTT, Dr. Andriko Noto Susanto, S.P, M.P.

Dr. Andriko juga meminta kepada masyarakat Provinsi NTT agar jangan termakan isu terkait adanya pekerjaan di luar NTT dengan iming-iming gaji yang besar.

“Saya meminta kepada masyarakat NTT agar harus berhati-hati dalam mencari pekerjaan ke luar NTT. Harus cek baik-baik. Karena ini TPPO. Kita terus mencari oknum-oknum dibalik TPPO ini,"katanya 

Sementara itu, Ketum KONI NTT, Josef Nae Soi menjelaskan bahwa awalnya, ia dihubungi oleh salah satu pengurus KONI NTT, yakni Inche Sayuna bahwa ada salah satu warga NTT menjadi korban TPPO. Dan, saat itu korban berada di Medan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

“Jadi awalnya ibu Inche Sayuna hubungi saya bahwa ada korban TPPO. Karena korban ini kebetulan bawa paspornya ibu Inche sehingga bisa menghubungi beliau” Ungkap Josef.

Setelah mendapatkan informasi tersebut, Josef langsung meminta kepada kerabat maupun teman-teman di Sumatera Utara untuk membantu mengamankan korban TPPO tersebut.

“Setelah saya dapat informasi, saya langsung minta ke kawan-kawan saya dan amankan dia. Korban pintar juga, karena saat itu langsung naik ke tembok lalu berteriak minta tolong” Ujarnya..(yuser)