BWS NT ll Benahi Fasilitas Pendukung Bendung Kambaniru di Kabupaten Sumba Timur - Baomong.ID

BWS NT ll Benahi Fasilitas Pendukung Bendung Kambaniru di Kabupaten Sumba Timur

BWS NT ll Benahi Fasilitas Pendukung Bendung Kambaniru di Kabupaten Sumba Timur

Kupang,LikuraiOnline.id- Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara II melalui PPK Operasi dan Pemeliharaan SDA III pada Satker OP SDA NT II melakukan pemeliharaan terhadap aset berupa Bendung, Bendungan, Embung, Jaringan Irigasi dan Jaringan Irigasi Air Tanah (JIAT)di wilayah Sumba, Provinsi NTT.

Pada tahun Anggaran 2024, pihaknya membenahi sejumlah fasilitas pendukung di Bendung Kambaniru dan Bendungan Karinga di Kabupaten Sumba Timur.

Kepada wartawan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) OP SDA III Rino Prasetyo,S.T.,M.T didampingi Pelaksana Teknik ( Peltek) OP SDA III Fridus Luan,S.ST mengatakan, pada tahun ini pihaknya membenahi sejumlah fasilitas pendukung di Bendung Kambaniru.
 
Fasilitas pendukung dimaksud adalah membenahi rumah jaga yang sudah mulai rusak akibat termakan usia bangunan seperti plafon, lantai, plesteran, pengecatan listrik dan air bersih untuk kebutuhan di bendung kambaniru.

Selain itu, pihaknya juga memasang paving blok di depan halaman rumah jaga Bendung Kambaniru, pagar tembok dan pembenahan handrailing di area sekitar bendung" ungkap mantan PPK OP SDA I.

Ia mengatakan, terdapat sejumlah spot menarik di lokasi bendung yang ditata sebagai tempat wisata bagi masyarakat.

Selain membenahi fasilitas di bendung, kata Rino, pihaknya juga membersihkan sedimentasi yang ada di dalam saluran irigasi.

Tujuannya agar air lancar mengalir ke lahan pertanian masyarakat.
"Kita juga membenahi jaringan irigasi air tanah (JIAT) di wilayah Sumba.

Tujuannya untuk mengembalikan fungsi dari fasilitas yang kita bangun agar memberikan manfaat kepada masyarakat,"katanya (yuser)