Gandeng Mitra Binaan,Bank NTT Gelar Bazar Tenun dengan Harga Terjangkau - Baomong.ID

Gandeng Mitra Binaan,Bank NTT Gelar Bazar Tenun dengan Harga Terjangkau

Gandeng Mitra Binaan,Bank NTT Gelar Bazar Tenun dengan Harga Terjangkau

Kupang,LikuraiOnline.com--PT. Bank Pembangunan Daerah BPD Nusa Tenggara Timur ( Bank NTT) menggenadeng mintra binaan menggelar Bazar Tenun Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Kegiatan yang digelar di halaman kantor Bank Pusat Bank NTT itudiisi oleh 10 UMKMTenun binaan Bank NTT.

Ricard salah satu pengunjung stad bazar tenun mengatakan, kegiatan yang digelar oleh Bank NTT dengan mintra binaan ini sangat bagus karena dapat mendorong pertumbuhan ekonomi para pengrajin tenun.

Ia mengatakan, bazar tenun yang digelar tersebut juga untuk mengexplor hasil tenun mintra binaan ke luar NTT.

“Melelui kegiatan ini kita mau sampaikan ke luar NTT bahwa NTT memiliki memiliki beragam motif yang dilukiskan melalui kain tenun yang dihasilkan oleh masyarakat NTT,’katanya.

Ia mengharapkan, kegiatan ini terus berlanjut kedepan agar karya-karya seni yang diabadikan oleh para penenenun di NTT boleh dikenal secara luas juga untuk meningkatkan ekonomi dalam keluarga.

Pemilik UKM Tirosa, mengaku senang dengan bazartenunyang digelar Bank NTT karena sangat terbantu dalam segi pemasaran yang tentu juga akan menambah pemasukan bagi usahanya.

“Bagus sekali, karena terbantu secara pemasaran produk kami dan pastinya ekonomi para UMKM tenun juga ikut meningkat,”katanya.

Ia mengatakan, setiap hari empat helai tenun yang dipajang distad bazar tenun laku di jual.

Selain kain tenun dan berbagai pakaian berbahan tenun, di Bazar Tenun Bank NTT ini juga dijual berbagai macam aksesoris dari bahan tenun dan aksesoris adat daerah NTT yang bisa didapatkan dengan harga terjangkau.

Sementara itu, Kasubdiv Parekraf dan Desa Binaan Direktorat Kredit Bank NTT Reinhard Riwu Kahi Djo mengatakan, program ini digagas oleh Direktur Kredit dan Direktur Utama Bank NTT, Alex Riwu Kaho.

Dirinya menyebut, Bazar Tenun UMKM merupakan salah satu program Bank NTT yang bernama PEDULI UMKM (Pendampingan, Digitalisasi, Kualitas dan Inovasi UMKM).

Reinhard mengatakan lewat program bazar ini Bank NTT hadir untuk memberdayakan ekonomi masyarakat khususnya para pelaku UMKM di bidang tenun ikat.

“Bagaimana Bank NTT hadir untuk memberdayakan ekonomi masyarakat, terkhusus untuk tenun ikat NTT,” ujar Reinhard kepada media ini, Kamis, 18 April 2024.

Reinhard menambahkan, di Bazar Tenun UMKM, Bank NTT juga menyediakan kanal pembayaran non tunai dengan harga yang terjangkau. 

“Harga mulai dari Rp250 ribu, dan pembayaran bisa menggunakan QRIS Bank NTT,” pungkasnya.(*/yuser)