Masyarakat Sumba Timur Apresiasi Pembangunan Jalan Daerah Matakapidu -Lukukamaru - Baomong.ID

Masyarakat Sumba Timur Apresiasi Pembangunan Jalan Daerah Matakapidu -Lukukamaru

Masyarakat Sumba Timur Apresiasi Pembangunan Jalan Daerah Matakapidu -Lukukamaru

Kupang,LikuraiOnline.id--Masyarakat Kabupaten Sumba Timur, Provinsi NTT mengapresiasi pembangunan Jalan Daerah Matakapidu - Lukukamaru melalui Program Inpres Jalan Daerah (IJD) Tahun 2023 silam.

Pembangunan jalan tetaebut berdampak pada peningkatan ekonomi dan mempersingkat jarak tempuh masyarakat ke pasar untuk memjual hasil pertanian dan ke fasilitas kesehatan yang ada di Waingapu, ibukota Kabupaten Sumba Timur.

Mora Nambru warga masyarakat Matakapidu, Kabupaten Sumba Timur mengatakan, sebagai masyarakat Matakapidu, dirinya sangat senang dan bangga atas pembangunan jalan Matakapidu - Lukukamaru.

"Sebagai masyarakat kami sangat senang atas pembangunan jalan Matakapidu - Lukukamaru.

Sebelum dibangun kondisi jalan dati dimpang kilo meter enam menuju Matakapidu hingga Lukumaru kondisi jalannya rusak dan berlubang sehingga menyulitkan kami untuk mengakses pasar untuk menjual hasil pertanian dan masyarakat yang sakit sudah semakin mudah untuk mengakses sarana kesehatan di Waingapu,"katanya.

Ia menambahkan, saat ini kondisi jalan semakin bagus sehingga mempersingkat jarak tempuh masyarakat ke pasar, ke Rumah Sakit dan pusat pemerintahan di Waingapu.

"Sebelum jalan ini dibenahi jarak tempuh kami dari Matakapidu ke Waingapu memakan waktu tiga jam. Tetapi saat ini kami sangat bersyukur kareba kami ke Waingapu hanya membutuhkan waktu tiga puluh menit,"katanya.

Hal senada disampaikan tokoh masyatakat Desa Matakapidu, Tungga Hetan.

Ia mengatakan, sebagai tokoh masyarakat Desa Matakapidu ia dan masyarakat mengapresiasi pembangunan jalan desa Matakapidu - Lukukamaru.

"Kami berterima kasih kepada Pamerintah yang sudah membangun jalan ini. Saat ini kami ke pasar untuk menjual hasil pertanian dan peternakan semakin gampang dengan jarak tempuh yang singkat,"katanya.

Ia berharap agar pemerintah terus melanjutkan progran Inpres Jalan Daerah untuk membuka isolasi di daerah-daerah terpencil di NTT.

"Kami berharap pemerintah terus melanjutkan pembangunan jalan ini agar mempermudah masyarat untuk menjual hasil pertanian, perkebunan dan peternakan ke pasar,"katanya.

Hal senada juga disampaikan oleh Lako Mataroi warga desa Lukukumaru Kecamatan Kota Waingapu. Ia mengatakan, sebelum dibangun kondisi jalan sangat memprihatinkan.

Pihaknya bersyukur karena pemerintah memberikab perhatian untuk membangun jalan Matakapi menuju Lukukamaru.

"Kami berterima kasih kepada pemerintah pusat dan Pamerintah Kabupaten Sumba Timur yang sudah memberi perhatian untuk membangun jalan Matakapidu ke Lukukamaru. Sekarang kita ke pasar untuk mejual hasil pernatian dan peternakan semakin lancar,"katanya. (Yuser)