Resmikan Gedung Baru, BPN Malaka Komit Tingkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat - Baomong.ID

Resmikan Gedung Baru, BPN Malaka Komit Tingkatkan  Pelayanan Kepada Masyarakat

Resmikan Gedung Baru, BPN Malaka Komit Tingkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat

Malaka, Likuraionline.id--Gedung baru Kantor Pertanahan Kabupaten Malaka telah diresmikan oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (ATR BPN) Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kamis 22 Februari 2024.

Pada acara peresmian tersebut Kakanwil Nusa Tenggara Timur Dr. Drs. Hiskia Simarmata, M.Si menegaskan didalam gedung yang bagus harus disertai dengan pelayanan yang bagus.

"Saya sebagai Kakanwil BPN ATR Provinsi Nusa Tenggara Timur selalu menyampaikan kepada seluruh Kepala Kantor, seluruh pejabat eselon empat dan pejabat fungsional melayani itu harus dengan sepenuh hati,"ujar Simarmata.

Menurut Simarmata, melayani dengan sepenuh hati berarti menganggap bahwa semua yang dilakukan adalah kepunyaan sendiri.

"Maksudnya kalau kita melayani sepenuh hati berarti kita menganggap bahwa itu adalah kepunyaan kita sendiri. Masyarakat ini kan masyarakat nya kita bukan masyarakat orang lain,"ungkapnya.

Tambah Simarmata, bagaimana dia bisa merasakan pelayanan dengan sepenuh hati kalau masuk di Kantor ini permohonannya tidak dikerjakan . "Harusnya kita menganggap itu adalah kepunyaan kita sendiri,"katanya lagi.

Dikatakannya lagi, mindset dari seluruh yang namanya birokrasi kalau bisa dipersulit kenapa dipermudah. Sekarang harus balik kalau bisa dipermudah kenapa harus dipersulit.

"Sejak saya bertugas di NTT saya merubah itu kalau bisa dipermudah kenapa harus dipersulit. Karena itu dulu kita rengking kedua dari terakhir sekarang kita menjadi rengking pertama,"jelasnya.

Sementara itu, Simarmata berharap dengan adanya Kantor Pertanahan Kabupaten Malaka yang baru diresmikan diharapkan untuk dapat mempermudah urusan orang lain.

"Jangan hanya melayani dengan sepenuh hati namun harus ada easy impact mudah dan cepat. Mudah bukan berarti menggampangkan tetapi kasi persyaratan yang sesimpel mungkin birokrasi dikurangi lalu harus cepat,"pinta Simarmata.

Sementara itu, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Malaka Ridonsius Djula,ST pada kesempatan itu mengatakan pembangunan Kantor Pertanahan Kabupaten Malaka ini dapat terselesaikan dengan baik semua karena kasih dan kemurahan Tuhan.

"Saya selaku Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Malaka tentu merasa bahagia dan berterimakasih atas dukungan dan partisipasi dari semua pihak sehingga pembangunan Kantor ini dapat terselesaikan dengan lancar sebagaimana yang kita saksikan saat ini,"ujar Djula.

Selaku Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Malaka tentunya harus mengucapkan terimakasih kepada Kementerian Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (ATRBPN) yang telah menggelontorkan dana untuk pembangunan gedung kantor ini.

"Kami juga berterimakasih kepada Bapak Kakanwil Nusa Tenggara Timur yang juga sangat mendukung kami dalam melaksanakan dan kelancaran pembangunan gedung kantor ini. 

Kami juga berterimakasih kepada para pendahulu kami yang dengan caranya masing-masing berjuang mulai dari penempatan tanah ini dan juga dalam tahapan pembangunan gedung kantor ini.

"Mulai dari senior saya Bapak Yohanes Taolin (Alm), Bapak Yulius Talok, SH, Ibu Ir. I Nyoman Suratmi, Bapak Gonzalo Antonio (Alm), Bapak Abel Asamau, dan Ibu Beci Salomi Dopong,"ungkap Djula.

Lanjut Djula, ucapan terimakasih juga secara khusus kepada keluarga besar Romo Andreas Sika, tokoh adat, tokoh masyarakat serta tokoh agama baik yang ada di desa Harekakae maupun Desa Kamanasa yang telah sama-sama memberikan kenyamanan selama proses pembangunan gedung kantor ini.

Ucapan terimakasih juga kepada jajaran Forkopimda Kabupaten Malaka serta jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah sejak masa pemerintahan Bapak dr. Stefanus Bria Seran, M.Ph sampai pada masa Bupati Dr. Simon Nahak,SH.,MH dan Wakil Bupati Louse Lucky Taolin, S.Sos.

"Hanya doa dan pujian serta ucapan terimakasih yang mampu kami berikan untuk Bapak dan Ibu sekalian semoga dengan diresmikannya kantor ini kerja kami menjadi lebih efektif fokus dan terarah dengan semangat melayani profesional dan terpercaya. 

Tentu saja sebagai Kepala Kantor di tempat ini kami mengajak seluruh keluarga besar Kantor Pertanahan Kabupaten Malaka untuk dapat bekerja lebih optimal dan profesional,"ujar Djula. Gonza.