Realisasi Fisik Preservasi Jalan Nasional Waingapu-Melolo dan Melolo- Baing Lampaui Target - Baomong.ID

Realisasi Fisik Preservasi Jalan Nasional Waingapu-Melolo dan Melolo- Baing Lampaui Target

Realisasi Fisik Preservasi Jalan Nasional Waingapu-Melolo dan Melolo- Baing Lampaui Target

Kupang,LikuraiOnline.id— Realisasi fisik Preservasi Jalan Nasional  Waingapu - Melolo dan Melolo – Baing di Kabupaten Sumba Timur  yang ditangani PPK 1.5 hingga bulan Agustus 2023 sudah melampaui target yang direncanakan.

Demikian disampaikan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 1.5 Provinsi NTT Ferdinad Luntungan kepada wartawan LikuraiOnline.id di Kupang, Jumat 20 Agustus 2023.

Ia mengatakan, pada tahun anggaran 2023 PPK 1.5 Provinsi NTT menangani dua paket kontraktual di abupaten Sumba Timur, Provinsi NTT. Dua paket kegiatan dimaksud adalah preservasi jalan nasional Waingapu- Melolo dan Melolo –Baing.

Hingga bulan agustus 2023, realisasi fisik preservasi ruas jalan Waingapu - Melolo sudah mencapai 99,27 persen dari rencana 98 persen. Terjadi deviasi plus 1,27 persen, sementara realisasi fisik preservasi ruas jalan Melolo – Baing 96,48 persen dari rencana 96,04 persen.

Ferdy Luntungan mengatakan, ada empat lingkup pekerjaan dari delapan lingkup pekerjaan yang di kerjakan di ruas jalan Waingapu – Melolo. Empat lingkup pekerjaan dimaksud adalah rutin kondisi, holding, pemeliharaan preventif dan rehabilitasi minor jalan.

Sementara di paket preservasi jalan Melolo - Baing ada tiga lingkup kegiatan yakni pemeliharaan rutin kondisi, pemeliharaan holding dan pemeliharaan preventif.

“Item-item pekerjaan yang paling dominan di kegiatan rutin kondisi adalah menambal spot-spot jalan yang sudah berlubangdan pelapisan permukaan aspal yang aus dengan lataser setinggi dua centi meter,”kata mantan PPK 4.6 Provinsi NTT ini.

Ia menambahkan, tahun ini target penanganan jalan di ruas jalan Waingapu – Melolo sepanjang 44,7 kilo meter dari 58 kilo meter lebih. Sementara target penanganan diruas jalan Melolo –Baing 47,67 kilo meter dari 57 kilo meter.

Ferdinand Luntungan menguraikan, total anggaran yang dialokasikan untuk paket preservasi jalan Waingapu – Melolo sebesar Rp.4,3 Miliar sedangkan Melolo – Baing Rp.5,9 Miliar. Dua paket jalan tersebut ditangani oleh PT. Sinar Sumba Makmur.

Ia menjelaskan, mantap jalan Nasional di wilayah Kerja PPK 1.5 mulai dari Waingapu- Melolo-Baing hingga saat ini 98 persen. (Yuser)