Bunda Julie Laiskodat Fasilitasi Pemain Musik Sasando Tampil di Istana Negara - Baomong.ID

Bunda Julie Laiskodat Fasilitasi  Pemain Musik Sasando Tampil di Istana Negara

Bunda Julie Laiskodat Fasilitasi Pemain Musik Sasando Tampil di Istana Negara

Kupang, Pesonantt.com - Ketua Dekranasda Provinsi NTT Julie Sutrinso Laiskodat siap memfasilitasi belasan pemain Sasando untuk tampil di puncak HUT RI ke 72 di Istana Negara, Kamis 17 Agustus 2023 mendatang.

Wanita yang akrab disapa bunda Julie ini merupakan inisiator untuk mengumpulkan para pemain Sasando, dan akan difasilitasi langsung tanpa sumbangan dana dari pihak manapun.

"Ini inisiatif sendiri dari bunda Julie. Yang saya tahu, pembiayaan juga dari bunda Julie tanpa ada bantuan dari Pemprov NTT," ujar pelatih sekaligus music director, Izhu Nisnoni, Minggu 13 Agustus 2023.

Menurut Izhu, meski sudah memasuki akhir masa jabatan, bunda Julie masih memberikan perhatian dan memikirkan generasi muda NTT untuk tampil di Istana Negara Jakarta di puncak HUT RI.

"Saya sangat apresiasi karena masih ada pejabat yang begitu. Meski sudah mau habis masa jabatan, bunda Julie masih pikirkan NTT untuk tampil di Jakarta," ungkapnya.

Dia menjelaskan, di momentum HUT RI ini, tidak saja alat musik Sasando yang ditampilkan. Namun ada beberapa provinsi yang akan menampilkan budayanya masing - masing.

"Untuk NTT itu kita akan tampilkan musik Sasando, karena surat yang masuk dari kepresidenan itu meminta kita untuk tampilkan Ilustrasi musik Sasando," jelasnya.

Tim yang akan diberangkatkan ke Jakarta terdapat 14 pemain Sasando dari tingkat SMA dan mahasiswa yang sudah melewati proses seleksi.

Sedangkan untuk kesiapan tim, kata Izhu Nisnono, pihaknya sudah melakukan latihan selama kurang lebih satu bulan terakhir.

"Jadi yang di seleksi itu 14 pemain, ditambah saya jadi ada 15 orang. Karana permintaan bunda Julie itu seleksi anak anak yang baru mau berkembang," ungkapnya.

Sehingga, kata Izhu, dia memiliki tanggung jawab untuk bisa meramu musik dan melaih para pemain, karena mereka bukan dari satu tim.

"Mereka itu bukan satu tim. Mereka hanya digabungkan karena kontes acara ini. Jadi itu yang saya perjuangkan untuk menyatukan mereka," ungkapnya.

Dia menambahkan, sejauh ini persiapan tim sudah mencapai 90 persen. Sisanya akan dimaksimalkan ketika tiba di Jakarta tanggal 14 Agustus 2023 nanti.
"Kita akan latihhan bersama di Jakarta. 

Lagu kurang lebih 40 an karena kita main dari jam pagi sebelum upacara, sehabis upacara kita main lagi. Lagu kebangsaan dan lagu-lagu daerah seluruh provinsi,” ungkapnya.

Sedangkan untuk kostum, mereka ajang mengenakan pakaian adat lengkap Rote Ndao.
 "Jadi perempuan pakai pakaian adat lengkap, laki-laki juga pakai pakaian adat lengkap,” pungkasnya.***