KPU Malaka Sosialisasi Tahapan Penyusunan Dapil dan Alokasi Kursi Anggota DPRD - Baomong.ID

KPU Malaka Sosialisasi Tahapan Penyusunan Dapil dan Alokasi Kursi Anggota DPRD

KPU Malaka Sosialisasi Tahapan Penyusunan Dapil dan Alokasi Kursi Anggota DPRD

Malaka,Likuraionline.com--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malaka menggelar kegiatan sosialisasi dan evaluasi penyusunan daerah pemilihan dan alokasi kursi anggota DPRD pada pemilihan umum tahun 2024.

Kegiatan dilaksanakan di aula Koperasi Credit Union Kasih Sejahtera Labarai, Sabtu 25 Maret 2023 dengan melibatkan unsur Partai Politik, Bawaslu, Pemerintah Daerah Kabupaten Malaka, parah camat dari 12 Kecamatan, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan insan pers.

Seusai kegiatan, juru bicara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malaka Yosef Nahak saat ditemui awak media mengatakan KPU Malaka melakukan kegiatan sosialisasi dan evaluasi penyusunan daerah pemilihan dan alokasi kursi DPRD Kabupaten Malaka untuk Pemilu tahun 2024.

"Kegiatan ini merujuk kepada pasal 25 Peraturan KPU nomor 6 tahun 2022. Sehingga dalam kegiatan ini KPU Malaka melakukan sosialisasi terhadap hasil penataan dapil yang sudah dimulai sejak bulan Oktober tahun 2022 sampai dengan penetapan dapil pada bulan Februari tahun 2023,"ujar Yos Nahak.

Lanjut Yos Nahak, kegiatan panjang yang dilakukan selama beberapa bulan sudah ditetapkan hasilnya sehingga KPU Malaka dapat melakukan sosialisasi terhadap hasil yang sudah ditetapkan daerah pemilihan dan alokasi kursi anggota DPRD Kabupaten Malaka untuk pemilu 2024 yang ditetapkan KPU RI melalui PKPU nomor 6 tahun 2023.

"Untuk daerah pemilihan terdiri atas tiga daerah pemilihan yaitu Dapil Malaka I terdiri dari tiga Kecamatan yakni Kecamatan Malaka Tengah, Kobalima dan Kobalima Timur dengan alokasi kursi sebanyak 9 kursi.

"Untuk Dapil Malaka II terdiri atas 4 kecamatan yakni Kecamatan Weliman, Wewiku, Malaka Barat, dan Rinhat dengan alokasi kursi sebanyak 10 kursi. 

Dan Dapil Malaka III terdiri atas 5 Kecamatan yakni Malaka Timur, Botin Leobele, Iokufeu, Sasitamean dan Laen Manen dengan alokasi kursi sebanyak 6 kursi,"tandas Yos Nahak.

Dikatakannya lagi, pada kegiatan sosialisasi dan evaluasi hari ini KPU Malaka juga melakukan evaluasi bersama peserta rapat yang ada untuk mendapat masukan untuk keperluan penataan daerah pemilihan untuk pemilu kedepan.

"Jadi kita sudah mendapat beberapa masukan dalam evaluasi hari ini akan kita pakai untuk kita pertimbangkan dalam penataan kedepan,"ujarnya. Gonza