YKPA Gelar Gebyar Pengasuhan Positif Terhadap Anak di Kabupaten Malaka - Baomong.ID

YKPA Gelar Gebyar Pengasuhan Positif Terhadap Anak di Kabupaten Malaka

YKPA Gelar Gebyar Pengasuhan Positif Terhadap Anak di Kabupaten Malaka

Malaka,Likuraionline.id-Yayasan Kasih Peduli Anak (YKPA) bersama mitra kerja Childfund Internasional menggelar kegiatan gebyar pengasuhan positif terhadap anak di Kabupaten Malaka.

Kegiatan gebyar pengasuhan positif terhadap anak berlangsung di cafe Webanibin, Desa Kamanasa, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka, Kamis 23 Maret 2023.

Kegiatan gebyar pengasuhan positif terhadap anak tersebut melibatkan para orang tua yang selama ini menjadi kelompok dampingan YKPA di Desa Kamanasa, Wehali, Lakekun, Lakekun Barat dan Lakekun Utara.

Seusai kegiatan Koordinator Proyek YKPA Mikhael Riwu saat ditemui media ini mengatakan terkait dengan kegiatan hari ini dimaksudkan untuk menciptakan generasi muda yang berkualitas dimasa depan.

"Karena itu kita harus berawal dari keluarga. Karena keluarga itu menjadi harapan kita untuk menerapkan pengasuhan yang baik terhadap anak-anak di rumah terutama pengasuhan yang mengedepankan anak sebagai sahabat,"ujar Mikhael.

Dikatakannya, kegiatan pengasuhan anak sangat penting karena apabila orang tua tidak memiliki mental yang baik untuk mengasuh anak maka kehidupan anak-anak kedepannya tidak terarah.

Lanjut Mikhael dengan adanya kegiatan gebyar hari ini guna untuk melihat apa yang sudah dilakukan di Kabupaten Malaka khususnya pengasuhan positif terhadap anak.

"Dari kegiatan ini kita bisa melihat apa yang orang tua sudah lakukan di keluarga terutama dalam hal mengasuh anak. Karena dengan pola pengasuhan yang baik maka anak-anak akan tumbuh dengan percaya diri,"tandas Mikhael.

Disebutkannya, untuk Kabupaten Malaka kegiatan pendampingan sudah dilakukan di beberapa desa seperti Desa Kamanasa, Desa Wehali dan Desa Harekakae di Kecamatan Malaka Tengah dan Desa Lakekun, Lakekun Utara dan Litamali di Kecamatan Kobalima.

"Sekarang berlari enam Desa yang menjadi dampingan YKPA. Dan mimpi kita akan menjangkau seluruh Desa yang ada di Kabupaten Malaka. 

Sehingga kita bekerjasama dengan Pemerintah dalam hal ini Tim Penggerak PKK Kabupaten dimana kita sudah melakukan perjanjian kerja untuk pola pengasuhan positif ini diterapkan disemua Desa,"ujar Mikhael Riwu.

Sementara itu Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Malaka, Sisilia Bere Buti mengatakan peran orang tua dalam mengasuh anak harus lebih intens.

"Karena mereka lebih banyak menghabiskan waktu di rumah daripada di tempat kerja. Jadi kita sebagai orang tua jangan lengah dan berharap anak-anak belajar di sekolah saja. 

Tetapi seharusnya di rumah harus lebih aktif,"ujar bunda Sisilia kerap sapaan akrabnya.

Sementara lanjut bunda Sisilia, terkait dengan kegiatan pengasuhan positif terhadap anak, Pemerintah Daerah Kabupaten Malaka sangat mendukung dimana telah ada kerjasama antara LSM dan TP PKK sehingga banyak sarana prasarana yang sudah diperbantuka.

Tidak lupa dirinya berpesan kepada ibu-ibu di Kabupaten Malaka agar dapat memperhatikan pola asuh terhadap anak.

"Khususnya untuk ibu-ibu muda tolong kurangi bermain hp dalam mengasuh anak, fokus ke anak hp ditinggalkan sehingga apa yang diajarkan kepada anak itu dapat diterima dengan baik,"ujar bunda Sisilia. (Gonza)