Berkibarlah Benderaku - Baomong.ID

Berkibarlah Benderaku

Berkibarlah Benderaku

“Negeri ini, Republik Indonesia, bukan milik suatu golongan, bukan milik suatu agama, bukan milik suatu kelompok etnis, bukan juga milik suatu adat istiadat tertentu, tapi milik kita semua dari Sabang sampai Merauke!”~ Ir. Soekarno

“Siapa berani menurunkan engkau,Serentak rakyatmu membela”, begitulah sepenggal lirik lagu “Berkibarlah Benderaku”. Lirik itu membuatku merenung dan bertanya-tanya. Benarkah akan seperti itu? Apakah rasa nasionalisme dan patriotisme kaum muda sekarang ini semakin dalam ataukah malah tercerai-berai?

Melihat kembali banyaknya isu panas yang berseliweran setiap hari, dimulai dari pro kontra pilkada, isu agama dan masih banyak lagi isu lainnya, apakah masih ada yang membela Merah Putih demikian gagahnya seperti saat masa perjuangan menuju kemerdekaan dulu? Dalam pemikiran saya, entah kenapa sepertinya rasa bela negara itu sudah menurun drastis. Apa yang menjadi penyebabnya? Banyak hal tentunya. Dinamika bangsa dan situasi negara dari tahun ke tahun makin riuh. Saya merasa cukup prihatin dengan kondisi yang tampak sekarang ini.

Bisakah kita sejenak diam, mengalihkan perhatian dari hiruk pikuk keramaian di dunia maya ataupun nyata. Sejenak kita mencoba memikirkan apa hal paling penting untuk masa depan bangsa ini? Pikirlah tentang Indonesia, tempat kita semua merajut mimpi dan cita-cita, tentang kemauan dan kehidupan berbangsa yang adil dan berperikemanusiaan.

Kesadaran warga akan nilai nasionalisme merupakan salah satu pencapaian besar dalam keberhasilan suatu negara. Tapi, apa yang bisa dilakukan oleh rakyat kecil seperti saya? Jawabannya adalah BISA dan Banyak yang bisa dilakukan. Sebagai seorang blogger, adalah terpuji ketika bisa menyuarakan sebuah gagasan atau opini secara positif pada publik melalui tulisan yang memotivasi dan inspiratif. Atau misalnya ketika sedang bersuara di Twitter, kita bisa membuat cuitan yang menyegarkan, menginspirasi dan memotivasi orang lain.

Satu hal yang penting, ketika muncul isu negatif, ada baiknya kita telusuri dulu kebenarannya, jangan asal berbagi saja. Redamlah emosi dan kedepankan rasio agar bisa berbagi banyak hal positif. Ya, mungkin gampang saja kalau cuma bicara, tapi kita patut mencoba. Kalau bukan kita sendiri yang berusaha, lalu siapa lagi, dan kalau bukan sekarang, kapan lagi? Tidak mudah terprovokasi juga teramat penting di zaman now ini. Apa yang terlihat buruk belum tentu benar adanya dan apa yang memang buruk bukan berarti keseluruhan komponen menjadi buruk.

Saya percaya, blogger, sebagai penulis yang baik, melalui tulisannya mampu mengubah dunia walau hanya setitik saja. Yang paling penting adalah tetap berpikir positif, lebih semangat berkarya. Membangun rasa bangga akan negara sendiri itu tidak mudah, namun dengan keyakinan bahwa kita adalah satu keluarga, rasanya Indonesia yang lebih baik bisa tercapai.

“BANGKITLAH INDONESIAKU. JAYALAH NEGERIKU. MAJULAH BANGSAKU” (Yed)